PELATIHAN KARATE DI PADUKUHAN SEMBUKU

Karate adalah seni beladiri yang berasal dari Jepang. Seni bela diri ini pertama kali disebut “Tote” yang berarti seperti “Tangan China”. Karate ini merupakan salah satu program untuk diajarkan kepada anak-anak. Yang tujuannya anak-anak mengetahui olahraga beladiri dan tidak menggunakannya untuk kekerasan tetapi hanya untuk membela diri.

Tim KKN UNY 68 memperkenalkan bela diri karate ini kepada anak-anak di Dukuh Sembuku. Teknik dasar yang dikenalkan adalah kihon, kata, dan kumite. Kihon yaitu latihan teknik-teknik dasar karate seperti teknik memukul, menendang dan manangkis. Kata yaitu latihan jurus atau bunga karate. Kumite yaitu latihan tanding atau sparring. Ketiga teknik ini diajarkan kepada pelatihan karate yang dilaksanakan di Dukuh Sembuku tiap hari Sabtu mulai tanggal 20 Juli 2013. Rata-rata peserta yang mengikuti pelatihan karate ini adalah sepuluh orang.

Pelatihan karate ini diharapkan dapat membantu anak-anak mengenali bela diri karate. Mereka juga diajarkan tentang penggunaan bela diri yang lebih untuk membela bukan untuk menyerang atau bertengkar. Ini diharapkan dapat meningkatkan minat anak-anak terhadap bela diri ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *