INGINKAN LINGKUNGAN HIDUP SEHAT, WARGA RAJIN KERJA BAKTI LINGKUNGAN

Siapa yang tidak ingin memiliki lingkungan yang sehat? Lingkungan yang sehat memiliki memberikan berbagai keuntungan kepada masyarakat yang tinggal di area tersebut. Secara estetika, lingkungan yang sehat, jauh dari polusi dan tumpukan sampah juga tampak indah dan asri. Ini tentunya akan memberikan kenyamanan kepada warga. Secara kesehatan, lingkungan hidup yang sehat sangat penting peranannya. Jika lingkungan kumuh, berbagai penyakit mungkin muncul dari sana. Masyarakat sendiri yang akan dirugikan nantinya.

Menyadari pentingnya kesehatan lingkungan hidup, warga Dusun Sembuku, Desa Dadapayu, Semanu GK ini rajin melaksanakan kerja bakti. Biasanya kerja bakti dilaksanakan per Rukun Tetangga (RT). Di dusun ini ada tiga RT yang kesemuanya memiliki agenda kerja bakti lingkungan. Selama dua bulan tim KKN UNY 2013 Kelompok 68 berada di dusun ini, telah dilaksanakan sedikitnya enam kali kerja bakti lingkungan hidup.

Kerja bakti biasanya dilaksanakan pada pagi atau sore hari. Diawali dengan pemukulan kentongan, warga akan keluar dari rumah masing-masing, siap dengan peralatan mereka untuk membersihkan lingkungan seperti memotong dahan yang tumbuh tidak teratur di atas jalan, mencabuti rumput yang tumbuh di jalan dusun, menyapu sampah dan daun-daun kering yang ada di jalan, sampai pada melakukan cor blok jalan dusun. Kegiatan ini dilakukan tidak mengenal batasan. Hampir seluruh warga mengikuti kerja bakti ini, tidak mengenal batasan usia dan jenis kelamin. Itulah sebabnya jadwal kerja bakti dibuat pagi hari sebelum orang-orang berangkat bekerja atau sore hari setelah mereka kembali dari bekerja.

Selain untuk kebersihan lingkungan hidup, kerja bakti ini juga menunjukkan persaudaraan yang erat di padukuhan. Warga akan bersama-sama bekerja membersihkan lingkungan mereka, sementara beberapa orang akan menyiapkan makanan dan minuman untuk dinikmati pada saat orang istirahat atau selesai melakukan kerja bakti. Kegiatan sederhana ini merupakan kegiatan yang menjadi ruang interaksi langsung antarwarga yang menunjukkan keeratan hubungan kekeluargaan di pedesaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *