ASYIK BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN ANAK-ANAK

Kata siapa bahasa Inggris hanya bisa dipelajari anak-anak kota? Sekarang ini anak-anak sekolah dasar di desa-desa pun tak mau ketinggalan antusias belajar bahasa Inggris. Mengetahui bahwa di sekolah anak-anak SD, SMP, dan SMA sering mendapatkan kesulitan dalam pelajaran Bahasa Inggris, tim KKN 68 UNY yang berlokasi di Dusun Sembuku, Desa Dadapayu ini mengadakan les dan public speaking Bahasa Inggris.

Apa sih yang mereka pelajari dalam les? Materi yang diberikan sebenarnya bervariasi, tergantung kebutuhan anak-anak. Namun, secara umum materi tersebut focus pada struktur kalimat dalam Bahasa Inggris, seperti: grammar, vocabulary, spelling, dan tenses. Tingkat kesulitannya bervariasi, tergantung pada kelas dan kemampuan anak-anak. Dalam sekali pertemuan, tidak jarang anak-anak dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil sesuai dengan level pelajaran yang mereka ikuti.

 

Speaking Club untuk Anak-Anak

 

Belajar Bahasa Inggris akan sangat membosankan jika hanya pasif belajar struktur kalimat.
Oleh karena itu, sebagai pelengkap ada program speaking club. Tujuannya adalah untuk melatih anak-anak berbicara dalam bahasa Inggris, melengkapi kemampuan membaca dan menulis yang diajarkan pada saat les. Pelajaran yang diberikan bervariasi, seperti introduction, alphabets, nouns, numbers, dan obrolan ringan sehari-hari. Kemampuan mendengar anak-anak pun dilatih agar mereka bisa belajar pronounciation dan fluency. Selain itu, speaking club bermanfaat bagi anak-anak yang lebih muda yang belum bisa belajar struktur kalimat di les.

Les bahasa Inggris ini diselenggarakan beberapa kali. Pada dasarnya, tim KKN UNY memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk menentukan jadwal mereka dan berapa kali mereka ingin. Hal ini sekaligus melatih anak-anak untuk berkoordinasi mengatur jadwal belajar mereka. Pelajaran juga dapat diberikan secara insidental seperti untuk mendampingi anak-anak dalam mengerjakan PR dari guru sekolah mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *